Senin, 04 Juli 2011

STRIPPER


      ayo belajar.....
Stripper
                 Stripper adalah alat yang digunakan untuk memisahkan satu komponen atau lebih dari campurannya menggunakan prinsip perbedaan titik didih dari campuran yang akan dipisahkan. Pada operasi yang ideal disetiap stage akan terjadi kontak fase antara fase cair dengan fase uap yang diikuti perpindahan panas.
  Tray tower
                             Tray tower merupakan bejana vertikal dimana cairan dan gas dikontakan melalui plate-plate yang disebut tray. Fungsi dari plate itu sendiri adalah untuk memperbesar kontak antara cairan dan gas sehingga komponen dapat dipisahkan sesuai dengan rapat jenisnya, dalam bentuk cairan ataupun gas. Jumlah tray dalam suatu kolom tergantung pada tingginya kesulitan pemisahan zat yang akan dilakukan dan juga ditentukan berdasarkan perhitungan neraca massa dan kesetimbangan.
Jenis-jenis Tray
a.       Bubble Cup Tray
              Bubble cup tray merupakan jenis tray yang paling tua dibandingkan dengan jenis tray yang lain. Pada bubble cup tray cairan (feed) akan turun ke bawahkolom melalui tray-tray, dengan adanya weir pada setiap tray maka cairan yang turun akan mengisi tray dengan ketinggian tertentu dan cairan yang melebihi weir ini akan tuurun melalui downcomer ke tray dibawahnya. Uap naik ke atas melalui riser kemudian oleh bubble cup dibelokkan melalui slot-slot dan menembus cairan. Aliran uap berfungsi untuk menurunkan tekanan parsial senyawa hidrokarbon. Kelebihan bubble cup tray ini yaitu pada penggunaan riser ang memastikan banyaknya cairan yang tertahan di tray adalah tetap, berapapun kecepatan aliran uapnya.
b.      Sieve Tray, sieve ini merupakan tray yang paling sederhana. Terdiri dari plate datar yang berlubang-lubang di tray dan cairan tertahan pada tray sehingga terjadi kontak antara uap dan cairan. Kekurangan dari sieve tray adalah kurang fleksible karena perubahan kecepatan akan mengurangi efisiensi tray. Lubang yang dilalui uap dan cairan biasanya berupa lubang-lubang kecil, sering juga digunakan lubang-lubang besar dan slot.
c.       Valve Tray
              Valve tray mempunyai design yang khusus. Seperti Sieve tray tetapi diameter lubangnya lebih besar yang ditutupi oleh movable flaps yang bergerak jika aliran uap meningkat. Valve tray dapat beroperasi lebih efisien pada kecepatan aliran rendah daripada Sieve Tray.
 Downcomer
            Downcomer terdapat pada semua aquilibrium stage-tray, yang berfungsi sebagai media untuk mengalirkan cairan dari tray atas ke tray di bawahnya.
Floading
            Floading terjadi jika busa pada plate terakumulasi melebihi penyangga, sehingga downcomer mengandung campuran yang mempunyai densitas lebih rendah dari cairan meningkat pada downcomer sampai akhirnya mencapai tray diatasnya dan selanjutnya akan mencapai keadaan dimana cairan melebihi kolom.
 Tray spacing
Tray spacing merupakan jarak antara satu tray dengan tray yang lainnya, yang biasa digunakan adalah 12-24 in. untuk perhitungan awal biasanya diambil tray spacing 18 in.
(Coulson, 1983)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar